BRAND

Rengginang, RICE CRISPIES, PULUT, Camilan, SNACK, SNEK, Makanan Ringan, SNACKS, KERUPUK, KEROPOK, CRACKERS, KERIPIK, CHIPS, ORIGINAL, Rasa, Buah, Strawbery, Melon, Anggur, Durian, Bawang, Terasi, Udang, KABULI, BERAS, Ketan Hitam, Manis

Senin, 12 November 2012

Usaha Bisnis – Bikin/ Produksi Rengginang (Glutinous Rice Crispies)


Memasak beras ketan yang benar itu bagaimana?...Mengapa begitu sulit memasak beras ketan dengan hasil yang baik?...Bagaimana ilmunya memasak beras ketan? Usaha Bisnis – Bikin/ Produksi Rengginang (Glutinous Rice Crispies).... Mengapa rengginang saya hasilnya bantat, tidak mengembang dan tidak mekar?...Adakah Cara untuk mencegah agar rengginang tidak terasa "nglethis" atau mentah?...Bagaimana cara mengatasi rengginang goreng yang mudah hancur?..

Beras ketan yang tersedia di pasaran jumlah maupun jenisnya bermacam-macam. Mulai yang kualitas rendah sampai kualitas tinggi. Kualitas ini ditentukan berdasarkan kandungan amilosa dan amilopektin yang berbeda-beda. Bukan berarti dengan kandungan amilosa dan amilopektin paling tinggi itu adalah beras ketan dengan kualitas yang terbaik. Kualitas yang baik disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Secara nyata biasanya beras ketan yang baik untuk dipakai sebagai bahan dasar rengginang adalah beras ketan yang mempunyai bentuk lonjong, gemuk dan pendek.

Pada prinsipnya cara memasak beras ketan untuk bahan dasar rengginang, harus mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses perendaman beras dan berapa lama watu yang digunakan selama proses pengukusan.  Tentu hal ini membutuhkan pengalaman tersendiri dan diperlukan uji coba saat mendapatkan beras ketan yang berbeda dengan jenis beras ketan yang biasa dipakai untuk bahan dasar rengginang. Dengan kita bisa mengenali dan menyesuaikan dengan masing-masing jenis/ varietas yang berbeda dari beras ketan. Maka semua beras ketan tidak akan jadi persoalan dalam pembuatan rengginang.


Kegagalan dalam mengenali sifat beras ketan berdasarkan lama perendaman dan lama pengukusan, maka ini akan berakibat gagalnya produksi rengginang, seperti bantat, tidak mekar, mudah hancur saat digoreng, maupun mudah remuk saat dikemas.

Untuk Pesan hubungi Ibu Anik
081 334 318 223 - SIMPATI
0341 – 545 5758 - FLEXI

Tidak ada komentar: